Communication!

Haiiii, udah lama nih ga keurus blognya hahahah.
oke kali ini gue mau isi dengan "COMMUNICATION".
pertama-tama, kita mulai dengan jenis pertanyaan.
ada 3 jenis pertanyaan yang harus lo tau.
1. Open-ended question
2. close question
3. leading question.

Contoh dari open question itu, lo pengen tau kalau gebetan lo suka sama siapa. Lo jangan langsung nanya ke doi " ada yang lo suka di kelas?". Tapi sebaiknya lo tanya " di kelas kayanya anak2 cewenya lumayan2 yaa, pasti banyak yang suka sama mereka.".
Nah, kalo ditanya gitu kan enak ya, dan doi nanti pasti jelasin opininya tentang cewe2 dikelas kaya apa, dan syukur2 doi akan bilang "gue ada sih yang gue suka disana namanya... "

Utk yg close question itu, pertanyaan yang jawabannya cuma "yes or no". ini sih jarang dipakai sih. tapi kadang berguna juga. hahhaha

sedangkan yang leading question itu, pertanyaan yg menjerumuskan lo ke jawaban tertentu. contohnya: "lo suka sama anak2 jaman sekarang, contohnya kaya dikelas kita?". Disini ceritanya lo ditanya tentang anak2 jaman sekarang. tapi sebenarnya yang nanya pengen tau lo sama anak2 kelas kaya apa hubungannya" hahaha.

Karna pasti lo akan ambil contoh ke anak2 kelas, karena lo sama doi kan hubungannya jadi 1 temen di kelas. jadi bakal lebih ngampang kalo kasih contoh seputar kelas.

So,berhati2 yaa kalo mau bicara dengan seseorang heheh.

Dan ada 3 hal yang harus lo lakuin saat berkomunikasi, terutama saat lo mendapatkan feedback yang baik buat mereka.
apa aja?
1. Be natural
2. improve your knowledge
3. don't be greedy.

oke, gue bahas satu-satu.
Pertama, Be natural. be natural disini maksudnya adalah kalo lo lagi ngomong sama orang lain jadilah diri lo sendiri. jangan jadi orang lain.
Kedua, improve your knowledge. maksudnya adalah lo harus tau ngomong sama siapa. jadi ilmu pembicaraannya harus sesuai. Contohnya: lo lagi ngobrol sama mahasiswa baru, ya lo harus berbicara seputar kegiatan mahasiswa baru. jangan lo ksih pembicaraaan seputar skripsi. hahahah.*kecuali dia nanya yaa.
Ketiga, Don't be greedy. nah ini maksudnya itu tujuan lo berkomunikasi adalah mendapatkan feedback. jadi lo harus siap mendengarkan lebih daripada berbicara. Jadi lawan bicara lo jangan dicecar / dikasih pertanyaan dari lo aja.

Nah itu aja sih tipe-tips berkomunikasi dari gue.
dan ada 1 hal penting yang ga boleh l sepelein. yaitu "SPACE".
yapp, ukuran posisi.
maksudnya disini itu, jadi saat lo berbicara usahakan jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh juga yaa. kenapa?
karena kalo terlalu jauh, kesannya lo angkuh dan kalo lo terlalu deket, lo bakal kasih kesan si lawan bicara ga nyaman.
itu aja sih kuncinyaa....
Semoga membantu dan bermanfaat :)

Komentar

Postingan Populer